Artikel

BERSABAR DALAM SEGALA HAL DAN MERAIH JANJI TUHAN


Suplemen Cool Youth - Maret Minggu ke-4

Bahan Bacaan

Roma 5:3-4, “ Dan bukan hanya itu saja. Kita malah bermegah juga dalam kesengsaraan  kita , karena kita tahu, bahwa kesengsaraan itu menimbulkan ketekunan,  dan ketekunan menimbulkan tahan uji dan tahan uji menimbulkan pengharapan.

Penjelasan Materi

Youthers, kita hidup di zaman yang penuh dengan ketidaksabaran di mana orang-orang di dalamnya ingin segala sesuatunya serba instan. Contohnya saja dalam hal sederhana mengenai antrian ketika kita membeli sesuatu atau ketika menunggu lampu merah di jalan raya, pastinya kita ingin menyerobot antrian dan menerobos lampu merah karena ketidaksabaran dalam diri kita. Ingat baik Firman Tuhan dalam Roma 12:12 yang mengatakan , “ Bersukacitalah dalam pengharapan,  sabarlah dalam kesesakan,  dan bertekunlah dalam doa!! Dengan tegas Firman Tuhan memerintahkan kita untuk bersabar dalam setiap kesesakan yang kita alami. Hal ini memang tidak mudah untuk dilakukan tetapi bukan tidak mungkin jika kita berjalan bersama Tuhan.Tuhan menghendaki kita untuk bersabar dalam segala hal dan Ia akan memperhitungkan setiap kesabaran kita. Dalam Perjanjian Baru setidaknya ada 5 tindakan kesabaran manusia yang diperhitungkan Tuhan, yaitu:

1. Sabar menantikan kedatangan Tuhan
2. Sabar dalam penderitaan
3. Sabar melakukan kebaikan
4. Sabar terhadap orang lain
5. Sabar dalam memimpin

Kelima hal ini mencakup seluruh aspek dalam kehidupan kita dalam mempraktekkan kesabaran.  Setiap mengalami kesulitan yang harus kita lakukan adalah terus bersukacita karena kita mengetahui bahwa Tuhan pasti mewujudkan janji-Nya di dalam kesabaran yang kita lakukan, dengan begitu apa yang kita perbuat akan Tuhan jadikan berhasil dan kita akan beruntung dalam setiap jalan hidup kita.

Pahami Youthers, bahwa sabar merupakan bagian dari buah-buah Roh yang harus terpancar terus dalam kehidupan kita sebagai orang-orang percaya. Kesabaran pun merupakan faktor yang mutlak untuk menerima janji Tuhan. Untuk itu, jangan pernah memakai ukuran waktu yang kita inginkan, karena  ketidaksabaran kita bisa mengarahkan kita kepada jalan-jalan yang keliru, tapi biarlah kita terus

berdiam diri dalam kasih-Nya dan menenangkan diri dalam pengharapan akan lebih baik Kekuatan kita terbatas namun kekuatan dan pertolongan Tuhan sangat besar untuk menolong kita.

Bahan Diskusi :

Janji Tuhan apa saja yang sudah tergenapi atas hidup Anda karena buah dari kesabaran Anda?

Last Update : 2019-04-03 15:08:39