Artikel

MENGATASI KELEMAHAN HATI/KETAKUTAN


Mazmur 34:5, “Aku telah mencari Tuhan, lalu Ia menjawab aku, dan melepaskan aku dari segala kegentaranku.”


Youthers, pastinya banyak hal dalam hidup ini yang membuat kita tidak berdaya dan merasa takut. Rasa takut dalam diri manusia itu wajar, tetapi menjadi tidak wajar jika rasa takut itu berlebihan, merugikan dan menguasai hidup kita misalnya, takut bertindak, takut mengambil keputusan, takut mengutarakan pendapat, takut mempertanggungjawabkan sesuatu yang telah kita perbuat, takut pada oknum tertentu, takut berkata jujur karena tidak mau menyakiti hati orang lain, takut menolak sesuatu yang bisa menjatuhkan kita, dan rasa takut lainnya yang menunjukkan betapa lemahnya hati kita. Kita harus bisa melepaskan itu semua, agar kita bisa berpikir jernih, tenag dan dapat berdoa sehingga kita bisa melangkah dengan keberanian Ilahi.

Bagaimana cara melepaskan segala ketakutan dan kelemahan hati kita? Firman Tuhan dalam Mazmur 25:4-5 berkata, “Beritahukanlah jalan-jalan-Mu kepadaku  , ya TUHAN, tunjukkanlah itu kepadaku” Youthers, di sini, pemazmur memohon agar Tuhan menunjukkan pandangannya hanya kepada-Nya, karena ia tahu ketika pandangannya terfokus kepada Tuhan, maka kita akan menaruh kepercayaan besar bahwa Tuhan memegang kendali dan bertindak sehingga ketakutan kita pun memudar diganti dengan kekuatan serta keberanian Ilahi. Dengan berfokus pada Tuhan, maka Tuhan akan mencurahkan kasihNya di dalam hati kita dan kasih Tuhan melenyapkan ketakutan seperti yang dikatakan Firman Tuhan dalam  I Yohanes 4:18, “Di dalam kasih tidak ada ketakutan: kasih yang sempurna melenyapkan ketakutan; sebab ketakutan mengandung hukuman dan barangsiapa takut, ia tidak sempurna di dalam kasih”

Sadarilah Youthers, bahwa rasa takut bisa menjadi penghalang utama dalam merebut kemenangan dan janji-janji Tuhan. Dengan mengingat kasih dan mengagumi kebaikan Tuhan yang sudah Ia kerjakan dalam hidup kita selama ini, itu akan menolong kita untuk memandang ketakutan kita dengan benar dan membawa dalam damai sejahteraNya dalam hati kita. Kalahkan rasa takut! Mengapa? Karena ketakutan adalah salah satu senjata yang digunakan Iblis untuk menghancurkan kehidupan orang percaya.  Firman Tuhan dalam I Petrus 5:7 mengatakan, “Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu. Introspeksi diri kita saat ini, jika kita masih takut, khawatir, cemas, jawabannya hanya satu, karena kita belum menyerahkan semua ketakutan, kekhawatiran dan kecemasanmu dalam tangan Tuhan. Dengan menyerahkan semua persoalan hidup kita ke dalam tangan Tuhan artinya kita telah melakukan langkah iman yang menunjukan bahwa kita percaya kepada Tuhan dan kita aka melihat pertolongan Tuhan yang akan datang tepat pada waktunya atas kita.

Bahan Diskusi :

Hal apa yang paling kita takuti? Bagaimana selama ini kita mengatasi ketakutan tersebut?

Last Update : 2019-05-20 02:23:10