Artikel

IBLIS PENUH KEPALSUAN, TIPU DAYA DAN DUSTA


Bahan Bacaan

 

Yoh. 8:44, “Iblislah yang menjadi bapamu dan kamu ingin melakukan keinginan-keinginan bapamu. Ia adalah pembunuh manusia sejak semula dan tidak hidup dalam kebenaran, sebab di dalam dia tidak ada kebenaran. Apabila ia berkata dusta, ia berkata atas kehendaknya sendiri, sebab ia adalah pendusta dan bapa segala dusta”

 

 

Penjelasan Materi

 

Youthers, Firman Tuhan mengatakan dengan jelas bahwa Iblis adalah pembunuh manusia dan pendusta karena sejak awal, Iblislah yang merusak dan menghancurkan hidup manusia dan selama-lamanya ia akan berbuat demikian. Iblis akan berusaha memengaruhi pikiran manusia untuk masuk dalam jeratan dustanya, sehingga manusia akan melalukan dosa dan menderita dalam hukuman akibat dosa tersebut. Itulah strategi jahatnya terhadap manusia.

 

Peranan Iblis kontras dengan peran Yesus. Iblis akan memburu manusia untuk “membunuh”, sedangkan Yesus menghidupkan. Iblis menyatakan dusta, sedangkan Yesus menyatakan kebenaran sejati, iblis menyeret manusia berdosa ke dalam kegelapan kekal, sedangkan Yesus menganugerahkan kehidupan kekal di sorga kepada umat kesayangan-Ny dan ketika manusia menderita di bawah perbudakan iblis, tetapi dalam Kristus, manusia dimerdekakan melalui kematian dan kebangkitanNya. 

 

Youthers, jika kita percaya sungguh Yesus adalah Bapa dari segala kebenaran, maka biarlah hidup kita mencerminkan karakter Kristus dan bukan karakter iblis si bapa dari segala dusta.  Jika dalam kehidupan ini, kita lebih sering berbohong, menipu, memperdaya orang lain, suka membuat orang lain menderita dan hidup dalam ketakutan, maka jelas bahwa karekter itu bukan berasal dari Kristus. Jika kita mengaku pengikut Yesus, maka hendaklah kita suka dan selalu berkata-kata dan hidup dalam kebenaran Firman Tuhan, menghibur, memberi pengharapan, memotivasi, mengasihi dan menyatakan kabar baik. 

 

Maka dari itu Youthers, janganlah kita terjerat pada tipu daya iblis yang selalu menipu kita melalui cara pandang, pola pikir dan paradigma salah yang bertentangan dengan kehendak Tuhan. Bagaimana kita dapat mencegah diri agar tidak mudah terhasut oleh tipuan iblis? Caranya adalah dengan berbalik pada kebenaran ajaran Kekristenan yang tertuang dalam Alkitab, jika segala sesuatu bertentangan dengan Firman Tuhan, maka itu berasal dai si jahat. Uji segala sesuatu yang kita lihat, dengar, pikirkan, rasakan dan perbuat berdasarkan Firman Tuhan.  Kenakanlah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu

dapat bertahan melawan tipu muslihat Iblis.

 

Bahan Diskusi : Ceritakan pengalaman pribadi kita saat berjuang melawan tipu muslihat iblis?

Last Update : 2019-07-20 15:15:30