Artikel

YESUS ITU SANGAT KONSISTEN


Ibrani 13:8  "Yesus Kristus tetap sama, baik kemarin maupun hari ini dan sampai selama-lamanya"

Youthers, konsistensi berasal dari kata konsisten, yang artinya tetap, tidak berubah, taat kepada prinsip, selalu selaras atau sesuai antara perbuatan dan perkataan. Bicara soal konsistensi manusia, tentunya setiap kita pernah menjadi pribadi yang tidak konsisten, plin-plan, suka berubah-ubah, yang tidak taat pada prinsip, yang tidak menepati janji, yang perbuatannya tidak selaras dengan perkataan kita sendiri. Berbeda dengan Yesus, Ia adalah panutan bagi kita untuk selalu bersikap konsisten, karena Ia selalu sama, dulu, sekarang dan selama-lamanya.

Youthers, pahami bahwasannya setiap kita adalah pemimpin atau mungkin juga seorang yang sedang dipersiapkan sebagai pemimpin bagi anak-anak muda. Yesus menghendaki kita untuk menjadi seorang pemimpin dengan karakter yang konsisten sepertiNya. Kita bisa lihat dalam Alkitab, bagaimana selama perjalanan kehidupan pelayanan Yesus mulai dari Ia lahir sampai disalibkan, penuh dengan sengsara, fitnah dan siksa, tetapi Yesus konsisten untuk menjalani itu semua untuk menggenapi rencana Bapa atasNya. Yesus juga konsisten terhadap apa yang diajarkanNya. Ketika Ia memberitakan kebenaran Firman Tuhan, Ia bukan sekedar berteori, melainkan menjadi pelaku Firman dan tidak pernah melanggarNya, apalagi berubah-ubah terhadap apa yang menjadi prinsipNya. Apa yang Yesus katakan dan pikirkan selaras dengan apa yang diperbuatNya yaitu untuk kemuliaan nama BapaNya yang di Sorga. 

Perhatikan Youthers, dari kehidupan Yesus itu kita bisa mengambil pelajaran penting tentang konsistensiNya akan kebenaran dan iman. Iman Yesus begitu kuat kepada BapaNya di Surga, walaupun begitu berat ancaman yang dihadapinya. Ia tidak pernah menyangkal BapaNya, tidak pernah lari dari tugas karya penyelamatan yang dirancang BapaNya atas umat manusia, tidak pernah lari dari panggilanNya, dan iman kepada BapaNya tetapi Ia  pegang teguh sampai akhir hidupNya.

Youthers, sikap konsisten Yesus ini seharusnya kita teladani dalam menjalani kehidupan kita sehari-hari. Ketika Ia mengambil langkah untuk memulai menjalankan rencana BapaNya, ia konsisten menjalaninya sampai pada kesudahanNya, ia tidak menyerah di tengah jalan, Ia tidak mundur sebelum berperang tetapi menyelesaikannya sampai tuntas. Bagaimana dengan kita?

Bahan Diskusi: Temukan kisah-kisah di Alkitab yang menunjukkam kmsistensi Yesus, pelajaran apa yang dapat kita ambil dari kisah tersebut?

Last Update : 2019-08-12 11:10:17