Pesan Gembala

RAJA ASA



Ada seorang tokoh di Alkitab yang hidupnya berhasil di hadapan Tuhan. Ia adalah Raja Asa dan kita bias belajar dari kehidupannya dalam Kitab 2 Tawarikh14 : 2 – 7. 

Apa yang dilakukan oleh Raja Asa sehingga hidupnya berhasil?

1) 2  Tawarikh 14 : 2 "Asa melakukan apa yang baik dan benar di mata Allah". 

Marilah kita belajar untuk melakukan apa yang baik dan benar dalam segala hal, dimanapun, kapanpun dan dengan siapapun. Contohnya : 
• Dalam hal beribadah di gereja (bertepuktangan, bernyanyi, menyembah, menari yang benar dan tidak bermain handphone saat beribadah).
• Membangun keluarga /suami istri baik dan benar
• Bekerja baik dan benar
• Melakukan sesuatu sesuai kebenaran yaitu Firman Tuhan

2) 2 Tawarikh 14 : 3  "Asa menjauhkan mezbah asing dan bukit pengorbanan".

Kita harus hidup kudus dan tidak kompromi dengan dosa. Contohnya anak-anak yang masih sekolah dan kuliah harus belajar dengan giat dan tidak mencontek saat ujian, dalam hal berpacaran juga harus kudus karena pacaran adalah masa pengenalan karakter dan keluarga pasangan BUKAN pengenalan tubuh.

3) 2 Tawarikh 14 : 4 "Asa mencari Tuhan, mematuhi hukum dan perintah Allah".

Jemaat Tuhan harus membangun hubungan yang intim dengan Tuhan secara pribadi setiap hari di rumah, maupun dalam ibadah secara korporat di gereja setiap hari Minggu dan hari lain sesuai dengan jadwal kegiatan gereja setempat.

Apabila kita sudah melakukan hal-hal seperti yang dilakukan oleh Raja Asa, bukan berarti bahwa Raja Asa dan kita sebagai anak-anak Tuhan tidak akan menghadapi masalah dalam kehidupan (2 Tawarikh 14 : 8 – 9). 

Masalah tetap datang dan tidak bias dihindari sebab masalah ada yang :

a) Disebabkan karena Dosa
Iblis tidak senang bila anak Tuhan hidup berkemenangan, harmonis dalam keluarga, dan berhasil dalam kehidupannya. Oleh sebab itu, Iblis datang menyerang anak Tuhan untuk mencuri, membunuh dan membinasakan.
b) Disebabkan karena Sistem Dunia
Manusia mengalami masalah selama masih hidup dunia, misalnya kehilangan harta benda dan keluarga karena bencana atau mengalami kesulitan hidup karena krisis ekonomi global.

Lalu, bagaimana sikap Asa dan anak-anak Tuhan dalam menghadapi masalah yang ada ?

1) 2 Tawarikh 14 : 10 " Asa maju menghadapi masalah ".
Sebagai anak Tuhan yang sedang menghadapi masalah, kita harus tetap on fire dan tidak lari atau meninggalkan masalah apalagi meninggalkan Tuhan.

2) 2 Tawarikh 14 : 11  "Asa berseru dan minta tolong kepada Tuhan".
Tetap bawa masalah atau pergumulan hidup kita dalam doa dengan penuh iman. Jangan mengandalkan kekuatan sendiri atau orang lain.

Dan… Apa dampaknya bila kita melakukan hal-hal seperti yang sudah dilakukan oleh Raja Asa?

1) 2 Tawarikh14 : 12  Masalah lari dari anak Tuhan. Bukankita yang lari dari masalah.
2) 2 Tawarikh14 : 13  Masalah akan hancur di hadapan Tuhan.
Kata Gerar (nama tempat) memiliki arti digergaji, seperti makanan dikunyah sampai hancur. Artinya Tuhan member kemenangan kepada kita sebab kita berhasil menghancurkan masalah yang dihadapi.
3) 2 Tawarikh 14 : 14  Mendapatkan semua kota di sekeliling Gerar. Artinya adalah mendapatkan banyak berkat dan bonus dari Tuhan.
Tuhan selalu memberi Peluang Hadirnya Kesempatan (PHK) kepada kita.

Tuhan Yesus Memberkati

 

Shortcut