Pesan Gembala

BERIBADAH KEPADA TUHAN

Allah menghendaki manusia dapat beribadah kepada-Nya. Keluaran 3 : 11 – 12 = Tetapi Musa berkata kepada Allah: "Siapakah aku  ini, maka aku yang akan menghadap Firaun dan membawa orang Israel keluar dari Mesir?"  Lalu firman-Nya: "Bukankah Aku akan menyertai engkau? Inilah tanda bagimu, bahwa Aku yang mengutus engkau: apabila engkau telah membawa bangsa itu keluar dari Mesir, maka kamu akan beribadah kepada Allah di gunung ini. " Allah mengutus Yesus datang ke dunia dan melakukan pengorbanan dengan cara mati di kayu salib agar manusia diselamatkan dari dosa dan dapat beribadah kepada-Nya. 

 

Oleh karena itu, “Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat” seperti yang tertulis dalam Kitab Ibrani 10 : 25. Pertemuan ibadah di sini artinya ibadah secara bersama-sama (korporat) baik ibadah raya Minggu, maupun Community of Love (COOL) dan Restorasi Pondok Daud (RPD) yang diadakan di gereja setempat. 

 

Akan tetapi, Iblis tidak senang bila anak Tuhan rajin beribadah. Iblis sering membuat anak-anak Tuhan menjadi malas, sibuk dengan pekerjaan, sibuk pacaran, sibuk dengan hobi dan berbuat dosa yang membuat hubungannya dengan Tuhan menjadi semakin jauh. Anak-anak Tuhan harus waspada bila hal ini terjadi dan melatih diri untuk terus beribadah seperti ada tertulis dalam KItab 1 Timotius 4 : 7 – 9 “Tetapi jauhilah takhayul dan dongeng nenek-nenek tua. Latihlah dirimu beribadah. Latihan badani terbatas gunanya, tetapi ibadah itu berguna dalam segala hal, karena mengandung janji, baik untuk hidup ini  maupun untuk hidup yang akan datang. Perkataan ini benar dan patut diterima sepenuhnya.”

 

Apa saja yang harus kita lakukan dalam menjalankan ibadah ?

1) Beribadah harus dengan segenap hati dan jiwa

Ulangan 11 : 13 = Jika kamu dengan sungguh-sungguh mendengarkan perintah yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, sehingga kamu mengasihi TUHAN, Allahmu, dan beribadah kepada-Nya dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu, 

2) Beribadah harus dengan takut akan Tuhan

Ulangan 10 : 20 = Engkau harus takut akan TUHAN, Allahmu, kepada-Nya haruslah engkau beribadah dan berpaut, dan demi nama-Nya haruslah engkau bersumpah. 

3) Beribadah dengan sukacita

Mazmur 100 : 2 = Beribadahlah kepada TUHAN dengan sukacita, datanglah ke hadapan-Nya dengan sorak-sorai!

 

Janji Tuhan bagi kita yang terus melatih diri beribadah dengan sungguh-sungguh ada dalam Kitab Ulangan 11 : 13 – 15 =

“Jika kamu dengan sungguh-sungguh mendengarkan perintah yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, sehingga kamu mengasihi  TUHAN, Allahmu, dan beribadah kepada-Nya dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu,  maka Ia akan memberikan hujan untuk tanahmu pada masanya, hujan awal dan hujan akhir, sehingga engkau dapat mengumpulkan gandummu, anggurmu dan minyakmu,  dan Dia akan memberi rumput di padangmu untuk hewanmu, sehingga engkau dapat makan dan menjadi kenyang.”

 

Tuhan memperhatikan dan memberkati umat-Nya yang sungguh-sungguh beribadah kepada-Nya. Tuhan Yesus memberkati.

 

Shortcut