Saturday, October 12, 2024

1 Iman di tambah 7 perbuatan sempurna







Apa itu IMAN ?

Iman merupakan karunia Allah yang dikerjakan oleh Roh Kudus di dalam hati. 

Iman merupakan dasar dari segala sesuatu yang diharapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak terlihat. 

Iman merupakan suatu keyakinan, keteguhan batin, dan ketetapan hati untuk mengambil tindakan atau komitmen dalam hidup. 

Apakah kita sebagai orang percaya kepada Tuhan Yesus yang menerima  janji-janji yang berharga dan sangat besar itu sudah cukup hanya memiliki Iman saja ?

Jawabannya tidak, 

Yakobus 2:20b (TB) bahwa iman tanpa perbuatan adalah iman yang kosong?

Ada 7 perbuatan berdasarkan  2 Petrus 1:5-7  

5 Justru karena itu kamu harus dengan sungguh-sungguh berusaha untuk menambahkan kepada imanmu kebajikan, dan kepada kebajikan pengetahuan,

6 dan kepada pengetahuan penguasaan diri, kepada penguasaan diri ketekunan, dan kepada ketekunan kesalehan, 

7 dan kepada kesalehan kasih akan saudara-saudara, dan kepada kasih akan saudara-saudara kasih akan semua orang.

Dari ayat yang barusan kita baca, iman saja tidak cukup tetapi kita harus dengan sungguh-sungguh untuk menambahkan iman kita dengan :

  • Kebajikan : Lebih dari sekadar melakukan hal yang baik, kebajikan adalah tindakan yang dilandasi oleh motivasi yang benar dan karakter yang murni.

  • Pengetahuan : untuk memahami lebih dalam tentang Allah dan firman-Nya. Jadi Ini bukan sekadar pengetahuan intelektual, tetapi juga pemahaman yang mendalam yang dapat mengubah hidup kita

  • Penguasaan Diri : Mampu mengendalikan diri, mengendalikan  emosi, dan mengontrol keinginan-keinginan kita.

  • Ketekunan : Sifat kepribadian yang menunjukkan seberapa gigih, tekun, dan keras seseorang dalam bekerja, belajar, atau berusaha Gigih dalam menghadapi tantangan dan kesulitan hidup.

  • Kesalehan : Hidup dengan benar di mata Tuhan dan tetap setia kepada-Nya dalam segala situasi. 

  • Kasih akan saudara-saudara : saling mengasihi dalam lingkungan keluarga jasmani, keluarga rohani, jangan saling membenci.

  • Kasih kepada semua orang : semua orang termasuk orang yang jahat pada kita. Yang benci pada kita. Matius 5:44  Tetapi Aku berkata kepadamu: Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu.

Melalui kitab Petrus ini Tuhan mendorong kita untuk tidak sekadar memiliki iman, tetapi untuk menambahkan berbagai sifat ilahi ke dalam iman kita.

2 Petrus 1:10-11 (TB)

10.  Karena itu, saudara-saudaraku, berusahalah sungguh-sungguh, supaya panggilan dan pilihanmu makin teguh. Sebab jikalau kamu melakukannya, kamu tidak akan pernah tersandung.

11. Dengan demikian kepada kamu akan dikaruniakan hak penuh untuk memasuki Kerajaan kekal, yaitu Kerajaan Tuhan dan Juruselamat kita, Yesus Kristus.

Amin. Tuhan Yesus memberkati


Pademangan, 11 Oktober 2024
Pdm. Yesaya Cahyadi